Pos Legalisasi Sekolah Tahun 2018 Instrumen Dan Perangkat Terbaru

Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu POS Akreditasi Sekolah Tahun 2018 Instrumen dan Perangkat Terbaru
POS Akreditasi Sekolah Tahun 2018 Instrumen dan Perangkat Terbaru, Akreditasi Sekolah 2018 dalam Prosedur Operasional Standar POS AKREDITASI SEKOLAH 2018 pdf dari BAN S/M Kemdikbud melalui aplikasi Sispena, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) memutuskan tagline: Akreditasi Bermutu untuk Pendidikan Bermutu. Tagline tersebut dimaksudkan untuk memperkuat dan mengaktualisasikan moto BAN-S/M: profesional, tepercaya, dan terbuka.  Akreditasi bermutu untuk pendidikan bermutu mempunyai empat pilar. Pertama, perangkat yang bermutu. BAN-S/M berusaha menyempurnakan Perangkat Akreditasi sebagai alat evaluasi mutu pendidikan yang valid dan realiable dengan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan-peraturan yang terkait. Perangkat yang bermutu terdiri atas Instrumen, Petunjuk Teknis, Data dan Informasi Pendukung serta Teknik Penskoran. Perangkat Akreditasi disusun dengan bahasa yang gampang dan sederhana sehingga tidak menimbulkan salah pengertian dan perbedaan pendapat antara sekolah/madrasah dengan asesor. Perangkat disusun dengan lebih sederhana sehingga memudahkan sekolah/madrasah dalam mempersiapkan ratifikasi dan pada dikala visitasi.

Perangkat Akreditasi sanggup diakses melalui website BAN-S/M, Dinas Pendidikan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI, dan media lainnya sehingga sanggup dipelajari

Baca Juga
Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Lengkap Dengan Perangkat Pendukung

Instrumen Akreditasi Sekolah Tahun 2018

Data Isian Akreditasi  (DIA) dalam Sispena-S/M yang telah dilengkapi oleh sekolah/madrasah akan dipakai sebagai materi audit oleh BAP-S/M untuk memilih kelayakan dan penetapan sekolah/madrasah yang akan divisitasi sesuai kuota yang tersedia.  Audit DIA dilakukan untuk memastikan skor evaluasi 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan (SNP) memenuhi batas minimal dan untuk memastikan kelengkapan dokumen yang dipersyaratkan dalam akreditasi. Selanjutnya BAP-S/M memutuskan dan menugaskan asesor untuk melaksanakan visitasi ke sekolah/madrasah sasaran. 

VISITASI KE SEKOLAH/MADRASAH 
A. RASIONAL  Sekolah/madrasah yang telah ditetapkan kelayakannya untuk divisitasi, harus divisitasi oleh asesor yang ditugaskan oleh BAPS/M. Visitasi yaitu aktivitas verifikasi, validasi, dan penjelasan data dan informasi yang telah diisi oleh sekolah/madrasah dalam Sispena-S/M melalui wawancara dan observasi terhadap kondisi objektif sekolah/madrasah. 
B. TUJUAN Mendapatkan data dan informasi perihal kondisi objektif  sekolah/madrasah untuk memilih status dan peringkat akreditasi. 
C. RUANG LINGKUP Prosedur ini berlaku bagi BAP-S/M, asesor, dan sekolah/madrasah dalam pelaksanaan akreditasi. 
D. TANGGUNGJAWAB DAN WEWENANG Kegiatan ini dilaksanakan oleh asesor dan sekolah/madrasah. 1. BAP-S/M memantau pelaksanaan visitasi yang dilakukan oleh asesor melalui Sispena-S/M 2. Asesor a. Melaksanakan visitasi ke sekolah/madrasah. b. Memasukkan data hasil visitasi pada Sispena-S/M . c. Melaporkan hasil visitasi kepada BAP-S/M. 3. Kepala Sekolah/Madrasah a. Menerima asesor dalam melaksanakan visitasi. b. Mengisi dan menandatangani Berita Acara Pelaksanaan Visitasi serta mengunggahnya pada Sispena-S/M. c. Mengisi Kartu Kendali Proses Visitasi pada Sispena-S/M

Download POS Akreditasi 2018