Cara Pendaftaran / Daftar Tes Cpns Tahun 2018 Dan Alur Proses Pendaftaran Cpns Melalui Laman Portal Sscn Bkn Di Https://Sscn.Bkn.Go.Id/

Sahabat Edukasi yang berbahagia...  Dalam rangka memperlancar proses pendaftaran seleksi CPNS di tahun 2018 maka Rekan-rekan perlu mengetahui bagaimana cara melaksanakan pendaftaran akun SSCN (Sistem Seleksi CPNS Nasional) di tahun 2018. Berikut cara melaksanakan pendaftaran Akun SSCN yang untuk persiapan ataupun simulasi hanya untuk testing sebelum pendaftaran CPNS 2018 resmi nantinya dirilis dalam waktu dekat.

Adapun untuk proses / alur penerimaan CPNS di tahun 2018 silahkan terlebih dahulu dipelajari dengan seksama sebelum Anda melaksanakan proses pendaftaran untuk mengikuti seleksi CPNS melalui laman resmi Sistem Seleksi CPNS Nasional pada link situs https://sscn.bkn.go.id/ nantinya.


1. Cek NIK (Nomor Induk Kependudukan)

Silahkan kunjungi situs https://sscntraining.bkn.go.id/sscnPanselnas/registrasi.html yakni untuk langkah pertama dalam Pengecekan NIK (Nomor Induk Kependudukan) Anda. Sebelum calon pelamar melaksanakan pendaftaran CPNS sesuai formasi, calon pelamar harus mempunyai sebuah akun SSCN. Pembuatan akun dilakukan melalui formulir berikut dengan mencantumkan: (1) Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) calon pelamar dan (2) Nomor Kartu Keluarga ATAU NIK Kepala Keluarga sesuai dengan Kartu Keluarga.


Peserta yang sudah sanggup melaksanakan pendaftaran akun kemudian sanggup memakai akunnya untuk melaksanakan pendaftaran deretan melalui situs https://sscnregistrasi.bkn.go.id.

Jika terdapat permasalahan dalam hal verifikasi NIK dan KK, silahkan menghubungi Dinas Kependudukan atau Catatan Sipil di tempat domisili masing-masing, atau melalui Helpdesk SSCN di alamat https://sscnhelpdesk.bkn.go.id

2. Melakukan Pendaftaran Akun SSCN

Setelah berhasil dan memastikan NIK Anda valid dan berhasil silahkan lakukan langkah selanjutnya, yakni melengkapi data. Silahkan isi formulir di bawah ini dengan lengkap dan benar.

Pastikan nama, tempat dan tanggal lahir ijazah sesuai dengan Ijazah yang akan dipakai di dalam pendaftaran CPNS 2018.

NIK : Angka sebanyak 16 digit. Nama sesuai KTP (tanpa gelar / sesuai yang tertulis pada Ijazah). Tempat Lahir sesuai Ijazah dengan cara ketik terlebih dahulu kata kunci tempat lahir Anda, kemudian pilih kalau sudah sesuai. Tanggal Lahir : sesuai ijazah. Jenis Kelamin : pilih Pria atau Wanita. Uplad pas foto Anda yang berlatar merah dengan ekstensi jpg/jpeg (maksimal 200 Kb). Email aktif Anda dan Password. Pertanyaan Pengaman 1. Jawaban Pengaman 1. Pertanyaan Pengaman 2. Jawaban Pengaman 2.


Jika sudah benar maka Anda telah berhasil melaksanakan Pendaftaran Akun SSCN 2018 dengan ditandai dengan Langkah 3: Selesai sebagai berikut:

Selamat (Nama Pendaftar) berhasil daftar pada Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional Anda hanya sanggup melaksanakan pendaftaran 1 [satu] kali dengan NIK Anda. Catat dan simpan User NIK dan Password Anda yang telah terdaftar. Silakan melaksanakan Cetak Kartu Informasi Akun pada tombol “Cetak Informasi Pendaftaran” atau “Lanjutkan Login Pendaftaran”.

Demikian cara untuk melaksanakan pendaftaran akun SSCN 2018 untuk versi testing dan untuk versi selengkapnya. Insya Allah nanti saya akan share kembali ke rekan-rekan sehabis laman Sistem Seleksi CPNS Nasional pada link situs https://sscn.bkn.go.id/ dirilis dalam waktu dekat.

Adapun untuk proses / alur pendaftaran CPNS Tahun 2018 di https://sscn.bkn.go.id/ selengkapnya nantinya ialah sebagai berikut :

1.   Pelamar mengunjungi link situs https://sscn.bkn.go.id/

2.   Membuat Akun SSCN 2018 menyerupai yang sudah saya uraikan misalnya di atas.
a.   Selanjutnya pelamar sanggup melihat isu penerimaan CPNS 2018 melalui Portal SSCN, untuk melaksanakan pendaftaran dipilih sajian Registrasi,
b.   kemudian Pelamar mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan)  dan Nomor KK (Kartu Keluarga) atau NIK Kepala Keluarga.
c.   Pelamar mengisikan alamat email aktif. Oleh sebab itu, bagi Anda yang belum mempunyai email aktif, silahkan segera menciptakan email aktif yang akan dipakai dalam tes CPNS tahun 2018 ini. Selain itu, Pelamar mengisikan password akun portal SSCN, dan pertanyaan keamanan.
d.   Pelamar mengunggah pass photo dengan ukuran minimal file sebesar 120 kb dan maksimal 200 kb dengan format file .JPG atau .JPE
e.   Pelamar cetak Kartu Informasi SSCN 2018.

3.   Langkah selanjutnya, Pelamar Login ke Portal SSCN memakai NIK dan Password yang telah didaftarkan sebelumnya pada Akun SSCN 2018.

4.   Selanjutnya Pelamar melaksanakan hal-hal sebagai berikut:
a.     Pelamar menggunggah foto diri memegang KTP dan Kartu SSCN 2018.
b.    Informasi Akun sebagai bukti bahwasannya Pelamar telah melaksanakan pendaftaran, Pelamar melengkapi biodata.
c.     Pelamar menentukan instansi, deretan dan jabatan sesuai pendidikan.
d.    Pelamar melengkapi data pada form yang tersedia.
e.     Pelamar mengunggah dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan instansi.
f.     Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form Resume.
g.    Selanjutnya pelamar mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018.

5.   Setelah Pelamar berhasil mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 dengan catatan Pelamar hanya sanggup menentukan 1 (satu) Jabatan pada 1 (satu) Formasi dan 1 (satu) Instansi.

6.   Selanjutnya Tim Verifikator Instansi akan melaksanakan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah/dikirimkan pelamar menurut syarat pendaftaran. Oleh sebab itu, pelamar harus membaca Pengumuman Instansi dengan baik dan teliti.

7.   Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seleksi manajemen akan mendapat Kartu Ujian Seleksi CPNS 2018 yang dipakai untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai dengan ketentuan instansi.

8.   Selanjutnya bagi Pelamar yang sudah mendapat Kartu Ujian Seleksi CPNS 2018 akan mengikuti Tes CAT BKN dan Tes lainnya. Adapun isu status kelulusan Pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi CPNS 2018 dari masing-masing instansi terkait.

Untuk lebih memahami alur proses pendaftaran CPNS 2018 SSCN BKN 2018 berikut gambar selengkapnya:
Alur Pendaftaran CPNS Tahun 2018

Demikian panduan / cara melaksanakan pendaftaran / pendaftaran sebagai peserta seleksi CPNS di tahun 2018 pada laman SSCN BKN 2018. Semoga bermanfaat bagi kita semua... aamiin... Salam Edukasi...!