Pedoman Anugerah Asn Tahun 2018 Kategori Ppt Pratama Pola Dan Pns Inspiratif

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Dalam rangka Mencari Sosok ASN panutan (role model) yang telah menunaikan tugasnya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) pada bulan September 2018 ini, KemenPAN-RB mengadakan seleksi anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) / Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam 2 kategori yakni Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Teladan dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Inspiratif.


Adapun, ketentuan umum seleksi Anugerah ASN Tahun 2018 kategori PPT PRATAMA Teladan ditentukan sebagai berikut:


a.   Diusulkan oleh P2K
b.   Memiliki karya inovasi
c.   Tidak pernah dijatuhi eksekusi disiplin dan melaksanakan pelanggaran instruksi etik
d.   Memiliki integritas, moral, dan rekam jejak jabatan
e.   Menyerahkan banyak sekali dokumen portofolio.

Sedangkan untuk Anugerah ASN Tahun 2018 kategori PNS Inspiratif, ketentuan umumnya sebagai berikut:

a.   Diusulkan oleh masyarakat
b.   Tidak pernah dijatuhi eksekusi disiplin dan melaksanakan pelanggaran instruksi etik
c.   Memiliki karya inovasi
d.   Memiliki integritas moral dan rekam jejak yang baik
e.   Kiprah konkret yang menginspirasi.

Adapun tata cara Anugerah ASN Tahun 2018 kategori PPT PRATAMA Teladan ialah sebagai berikut:


a.   Peserta pemilihan PPT Pratama Teladan tidak dibenarkan mendaftarkan atau mengusulkan diri sendiri, melainkan didaftar-kan atau diusulkan secara online oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau Pyb pada instansi masing-masing melalui website menpan.go.id;
b.   Pihak pengusul melengkapi berkas testimoni dari pimpinan, rekan sejawat      dan bawahan peserta;
a.   Pihak pengusul melengkapi berkas dokumen portofolio akseptor beserta kelengkapan lainnya.

Adapun tata cara Anugerah ASN Tahun 2018 kategori PNS Inspiratif ialah sebagai berikut:
a.   Peserta pemilihan PNS Inspiratif tidak dibenarkan mengusulkan diri sendiri, melainkan diusulkan secara online oleh masyarakat dan/atau instansi melalui akun instagram masing-masing, kemudian di tag ke akun instagram @kemenpanrb;
b.   Pihak pengusul dalam mengusulkan harus menyertakan foto dan/atau video serta deskripsi singkat perihal kiprah atau penemuan inspiratif dan fenomenal akseptor dalam memajukan organisasi dan/atau meningkatkan kualitas pelayanan publik;
c.   Pihak pengusul dalam mengusulkan wajib menyertakan hastag #PNSInspiratif2018

Aparatur Sipil Negara (ASN) ketika ini dihadapkan pada tantangan yang berat, di satu sisi harus bisa meningkatkan kualitas pelayanan publik seiring dengan makin tingginya tuntutan masyarakat, di sisi lain harus bisa mengikuti keadaan dengan dinamika zaman sejalan dengan periode industri 4.0. Dalam kondisi demikian, kiprah kita bersama ialah mendorong terwujudnya ASN yang bersih, profesional dan melayani.

Ajang Anugerah ASN Tahun 2018 ialah sebuah ikhtiar untuk menentukan dan mendapat sosok ASN panutan (role model) yang telah menunaikan tugasnya dengan baik, bahkan melampaui ekspektasi organisasi dan masyarakat. ASN terpilih ini kelak akan menjadi role model dan duta ASN yang bisa memotivasi dan menginspirasi ASN lainnya untuk menorehkan prestasi dalam mengemban kiprah jabatan.

Penganugerahan Pengumuman pemenang Anugerah Aparatur Sipil Negara Tahun 2018 akan dilakukan pada program puncak yang dikaitkan dengan peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2018. Seluruh Nomine yang mengikuti penjurian tahap final akan diundang untuk menghadiri program tersebut. Pemberian anugerah kepada Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Teladan, serta anugerah kepada PNS Inspiratif Tahun 2018 akan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Pemberian penghargaan kepada para pemenang Anugerah Aparatur Sipil Negara Tahun 2018 akan diberikan penghargaan berupa pengembangan kompetensi, akta serta penghargaan lainnya.

Seluruh rangkaian acara Anugerah ASN Tahun 2018 telah disusun dan direncanakan penjadwalannya. Namun demikian, teknis pelaksanaannya diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi yang berkembang. Download/unduh Pedoman Pelaksanaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2018 selengkapnya di tautan berikut : https://www.menpan.go.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!